Sabtu, 18 Januari 2020

RANGKUMAN SEPUTAR GOOGLE ADSENSE

A.Tentang Google Adsense

Setelah internet booming pada awal tahun 2000-an, banyak sekali bisnis bisnis internet yang bermunculan bagaikan jamur dimusim penghujan, semuanya menwarkan kemudahan-kemudahan dan penghasilan yang tanpa batas, sulit diwujudkan karena memang banyak bisnis di internet hanya merupakan spam (penipuan). Untuk itu perlu dikaji lebih lanjut oleh para pelaku didalamnya.
Saat ini, di dunia internet muncul berbagai macam bisnis yang menawarkan berbagai kemudahan dengan penghasilan yang tanpa batas salah satunya di antaranya adalah Google adsense. Berbicara mengenai Google Adsense, ingatan orang akan tertuju pada sebuah Search Engine (mesin pencari) yang sangat terkenal yang bernama google. Google adsense merupakan produk Search Engine dari Google.
Google, Inc. (NASDAQ: GOOG) didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 7 September 1998 di ruang garasi rumah teman mereka di Menlo Park, California. Pada Februari 1999, perusahaan tersebut pindah ke kantor di 165
University Ave., Palo Alto, California sebelum akhirnya pindah ke “Googleplex” pada akhir tahun tersebut.
Google mengembangkan bisnis mereka dengan mengeluarkan produk-produk baru dari mereka. Saat ini Google telah mengeluarkan berbagai produk yang telah ditampilkan untuk masyarakat, di antaranya adalah:

1.Google Analytics
Google Analytics telah terbukti banyak membantu para entrepreneur online dalam melakukan pemasaran di dunia maya. Produk Google satu ini memberikan analisa tajam mengenai traffic situs atau blog seseorang seperti dari mana pengunjung berasal, apa saja yang dilihat, berapa rata-rata pengunjung perhari, keyword yang digunakan pengunjung dan analisa lainnya yang tentu sangat berharga untuk menganalisa produk yang ditawarkan oleh seorang Publisher di Internet.

2.Google Sitemaps
Para blogger sudah tidak asing lagi dengan produk Google ini demikian dengan webmaster. Google sitemaps bisa dengan mudah dibuat dan menjadikannya bagian dari situs-blog atau berupa file xml yang di upload (ditampilkan) ke Google untuk mempercepat dan memudahkan Google dalam melakukan index, sehingga memungkinkan blog seseorang berada diurutan puncak Google Search

3.Google Alerts
Dengan Google alerts seseorang akan diberitahu jika ada seseorang yang menyambungkan link situs/blog anda. Produk ini sangat baik untuk melacak aktifitas online serta memonitor bisnis dan produk.

4.Google Froogle
Google Froogle merupakan direktori untuk harga-harga. Froogle mempermudahkan pengunjung internet untuk mencari informasi tentang  suatu produk dalam sistem penjualan online. Foogle bekerja dengan menggabungkan kekuatan search engine Google dan memfokuskan pencarian terhadap suatu produk dan menghasikan result berupa website dimana seseorang dapat memesan produk tersebut.

5.Google Checkout
Seperti halnya Paypal, dengan Google Checkout maka seseorang bisa melakukan transaksi layaknya Paypal, untuk daftar Google Checkout seseorang cukup mendaftarkan kartu kredit dan ketika seseorang memasuki daftar merchant dari google checkout seseorang bisa bertransaksi dengan menggunakan Google Checkout yang mereka miliki. Jika dulu Google Checkout belum menerima pendaftaran dari Indonesia, kini pintu itu telah terbuka. Seseorang biasanya melakukan transaksi online bisa menggunakan Google Checkout untuk keperluan belanja ataupun bisnis online. Google Checkout tentu lebih aman dibandingkan seseorang harus memasukkan nomor kartu kredit secara langsung.

6.Google eBlogger
Blogging telah menjadi bagian paling penting untuk kelangsungan sebuah

7.Google Toolbar Enterprise Version
Google Toolbar Enterprise Version ini terbilang masih baru. Toolbar ini baik untuk perusahaan ataupun bisnis yang lain bersifat indifidu. Google Toolbar meenyediakan fitur canggih produktivitas termasuk akses mudah ke Google, disesuaikan tombol pencarian, pencarian instan saran, dan pop-up, Google Toolbar mengintegrasikan fitur terhitung dengan segenap karyawan atau jaringan perusahaan. Ini dapat mencakup umum database pelanggan, kalender perusahaan, berita keuangan dan lainnya.

8.Google Groups
Setiap entrepreneur online mengetahui pentingnya memiliki daftar kontak (email) orang dengan minat yang sama. Social networking akan memainkan peran yang semakin meningkat dalam keberhasilan seseorang dalam bisnis

9.Google Docs
Google docs merupakan fitur editing online. Dengan Google docs memungkinkan seseorang bisa melakukan pekerjaan menulis tanpa menggunakan software semacam Microsoft office atau OpenOffice.org. kemampuannya pun tidak kalah dengan software pengolah kata yang ada seperti Spellcheck dan menyimpan file dalam format PDF bisa dilakukan lebih dari itu dengan Google docs bisa melakukaan posting blog.

Gmail merupakan e-mail yang telah dimiliki jutaan orang, produk e-mail dari Google ini merupakan pesaing dari Yahoomail.com. selain menjadi Account sebuah mail seseorang, Gmail juga dijadikan sebagai syarat untuk memiliki sebuah blog di blogger.

11.Blogger
Blogger merupakan Blog yang dimiliki oleh PyraLab yang pada tahun 2002 diakuisisi oleh google. Blogger ini dapat di akses secara gratis oleh masyarakat. Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi.

12.Google Earth
Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc.. Program memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D. Tersedia dalam tiga lisensi berbeda: Google Earth sebuah versi gratis dengan kemampuan terbatas, Google Earth Plus ($20), yang memiliki fitur tambahan; dan Google Earth Pro ($400 per tahun), yang digunakan untuk penggunaan komersial.

13.Google Adsense
Produk ini merupakan produk paling terkenal dari Google. Google Adsense merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah situs/blog. Dengan menempatkan iklan dari Google Adsense pada sebuah situs/blog yang dimiliki oleh seseorang dan melakukan aktivitas online seperti biasa maka pemilik situs tersebut sudah mempunyai  kesempatan  untuk meraup dolar dari internet. Faktor penting dari keberhasilan adsense adalah komunitas, traffic dan keyword. Dan produk inilah yang diulas di dalam skripsi ini.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang Google Adsense, sedikit terlebih dahulu akan ditulis Google Adwords yang merupakan cikal bakal kelahiran Google Adsense. Google Adwords adalah program periklanan yang ditawarkan Google kepada para pemilik situs yang ingin mempromosikan situsnya, dengan cara menampilkan link situs pengiklan di hasil pencarian untuk kata kunci (keyword) tertentu.
Contoh : jika publisher melakukan pencarian di Google dengan kata kunci cigarette (rokok) misalnya, maka selain hasil pencarian, di bagian seperempat di sebelah kanan akan muncul Sponsored Link (Pesan Sponsor). Tentu saja, para pemasang iklan akan dikenakan sebuah biaya tergantung dari kepopuleran kata kunci yang dipilihnya.
Namun Google menyadari, meskipun dia sekarang ini menjadi search engine nomor satu di dunia, tidak semua pengguna internet di dunia ini memakai Google sebagai mesin pencari, sehingga iklan di Google adwords, belum mampu menjangkau seluruh pengguna internet, oleh karena itu mereka menawarkan kepada pemilik situs untuk memasang iklan Google adwords di situs mereka dengan pola bagi hasil yang disebut Google Adsense. Jika ada seseorang mengunjungi situs peserta google adsense dan mengklik iklan yang ada di situs

tersebut, maka pemilik situs akan mendapat komisi dari google, metode pembayaran komisi seperti ini biasa disebut dengan nama Pay Per Clik (PPC).
Google Adsense adalah layanan iklan yang dimiliki oleh Google, dimana para pemilik situs bisa memasang iklan tersebut di situs-situs mereka dan mendapatkan penghasilan tambahan. Iklan yang muncul bermacam-macam jenisnya, bisa berupa teks, gambar, bahkan video; namun yang pasti, semuanya menggunakan sistem kontekstual (contextual), dimana iklan tersebut  akan relevan atau sesuai dengan isi halaman dimana iklan tersebut di pasang.

Google Adsense adalah layanan iklan yang dimiliki oleh Google, dimana 
para pemilik situs bisa memasang iklan tersebut di situs-situs mereka dan 
mendapatkan penghasilan tambahan. Iklan yang muncul bermacam-macam 
jenisnya, bisa berupa teks, gambar, bahkan video; namun yang pasti, semuanya 
menggunakan sistem kontekstual (contextual), dimana iklan tersebut akan 
relevan atau sesuai dengan isi halaman dimana iklan tersebut di pasang.

AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet 
yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, 
pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya 
diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan 
oleh Google di halaman web mereka.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google 
AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan 
iklan arahan (Referral).

B. Cara Mengikuti Program Google Adsense
Cara mendaftar di Google Adsense itu mudah, sebelumnya pendaftar 
harus memiliki web/blog terlebih dahulu sebelum mendaftar. Meskipun mudah 
ternyata banyak juga yang ditolak pada saat register pertam kali; bahkan ada 
yang terus gagal sampai putus asa. Berikut ini adalah langkah demi langkah cara 
mengikuti Google Adsense : 

Persiapan Sebelum Registrasi, Agar Di APPROVE
1. Buatlah Website/Webblog Menggunakan Bahasa Inggris (Jika kesulitan copy 
& paste saja situs yang sudah ada di internet). 
2. Gunakanlah email gmail.com, jika belum punya silakan minta invitenya 
kepada saya. 
Kelihatannya memang mudah untuk mendaftar Google Adsense, Tapi 
ternyata banyak yang gagal. 
Berikut penjelasan cara daftar Google Adsense :

1. Klik disini untuk registrasi, kemudian klik ada tulisan Click Here to 
Apply.
2. Muncul Form Registrasi, Silakan Diisi.
3. Ada menu Website Information. 
a. Di website URL, tulis alamat situs atau blog anda. Contoh: 
http://nama-blog.blogspot.com. 
b. Di website language, pilih English (gunakan website yang 
berbahasa inggris)

4. Ada menu contact information:

a. Account type, pilih “individual”.
b. Country or territory, “pilih Indonesia” atau Negara apa saja yang anda inginkan.

5. Payee name (full name), tulis nama lengkap anda sesuai dengan nama KTP atau rekening bank.  Dan isi juga alamat lengkap rumah, telepon dan faksimil (yang ini tidak wajib) di kolom di bawahnya.
6. Di kolom policies kasih tanda tik/cek semua kelima kotak yang ada sebagai tanda anda setuju mengadakan perjanjian dengan Google Adsense.
7. Di kolom “login information” isi dengan alamat email yang dipakai untuk login/masuk ke account Google Adsense apabila nanti sudah di terima, jangan lupa passwordnya minimal 7 (tujuh) yang merupakan kombinasi antara huruf dan angka. Misalnya angkanya enam dan hurufnya satu. Catatan: kalau anda punya email gmail, sebaiknya memakai gmail. Tapi email lain juga tidak apa-apa.
8. Periksa sekali lagi semua yang diisi, apabila beres. Klik SUBMIT INFORMATION.
9. Cek email anda, klik link yalidasi yang dikirimkan otomatis ke email.
10. Selesai, anda tinggal menunggu approval atau berita ok dari Google Adsense, biasanya setelah dua sampai lima hari.

C.Cara Kerja Google Adsense
Orang yang menjadi mitra Google Adsense biasa disebut dengan Publisher. Publisher adalah orang yang memiliki sebuah web/blog dan mempunyai kemampuan untuk mengiklankan sesuatu pada orang lain dengan harapan orang lain tersebut mengklik iklan yang ditawarkan oleh publisher atau setidaknya publisher mampu mempromosikan web/blog miliknya di kenal dan di kujungi oleh banyak orang.

Dengan menjadi publisher mempunyai web/blog yang membahas tentang apa saja dan membatu Google untuk memasang iklan yang telah dipasang pada program Adword tersebut. Dengan bertambahnya klik iklan yang di pasang maka bertambah banyak pula komisi yang di dapat oleh Google dari pemasang iklan pada program Adword tersebut. Dengan bertambahnya klik iklan yang dipasang maka bertambah banyak pula komisi yang di dapat oleh Google dari pemasang iklan. Publisher sendiri sebagai publisher yang telah membatu Google
menghasilkan klik untuk iklannya tentunya dibayar oleh Google sekian persen dari nilai iklan tersebut.


D.Cara Pembayaran Google Adsense
Google Adsense bagi sebagian blogger merupakan tulang punggung untuk mengeruk uang online. Berbekal blog yang bagus dan berkualitas maka para blogger berhasil mengisi account google adsense dengan jutaan, puluhan juta, sampai ratusan juta perbulannya. Alangkah indah dan nikmatnya apabila hidup kita berhasil dioptimalisasi sehingga berhasil mendapatkan penghasilan offline dan online.
Apabila Google Adsense sudah takluk dipelukan anda, gemrincing dollar online setiap haripun masuk kantong. 

Layanan pembayaran melalui western union (WU) fokus pada jasa pengiriman/penerimaan uang secara cepat (real time on line) lintas negara atau dalam satu negara. Jadi dalam  beberapa  menit,  uang  akan  diterima  lebih  cepat. Dengan fasilitas Western Union Quick Cash pada beberapa bank di
Indonesia (misal mandiri) akan semakin memudahkan melakukan transaksi dengan aman seperti transaksi dibank pada umumnya.

Permintaan pembayaran Google Adsense sesuai ketentuan dilakukan sebelum tanggal 15 pada setiap bulannya. Jika lewat tanggal 15, maka konsekuensinya adalah pembayaran diproses pada bulan berikutnya. Permintaan pembayaran punya syarat mutlak yaitu pendapatan anda minimal mencapai
$100. Jika pada tanggal 15 belum mencapai $100 maka pembayaran tetap di tangguhkan dan akan di bayarkan bulan berikutnya.
Untuk dapat menggunakan layanan Adsense Melalui WU (western union) ini maka anda perlu melakukan beberapa langkah antara lain:

1. Lakukan setting account adsense anda, pilihlah cara pembayaran  melalui WU. Masuk Akun Adsense Anda, lalu pilih My Account, pilih Setup Western Union Quick Cash, selanjutnya klik Continue, lalu Save Changes.

2. Misalkan pihak google adsense telah mengirim pembayaran kepada anda, maka anda dapat cek pada payment history dalam account anda.

3. Silahkan lakukan pencatatan pada beberapa hal penting seperti: Jumlah pembayaran, nama pengirim, alamat pengirim, nomor Money Transfer Control Number (MTCN), tanggal pembayaran, nama penerima, dan alamat penerima (sesuai dengan KTP) Persiapkan satu lembar fotokopi KTP anda yang masih hidup.

4. Catatan anda tadi silahkan anda bawa ke kantor layanan transaksi keuangan, seperti pegadaian, kantor pos, atau lain yang berlogo western union.

5.Bukti berupa catatantadi silahkan tunjukkan kepada pegawai setempat.

6.Isi formulir aplikasi, maka transaksi pembayaran anda telah selesai.

Sebagai informasi tambahan untuk anda, ada baiknya memahami penjelasan resmi yang diberikan oleh google adsense, antara lain berisi tentang Informasi pajak, informasi terkait pajak Anda bergantung pada lokasi tempat tinggal anda. Untuk negara Indonesia tidak perlu mengisi formulir pajak ini.

E.Cara Sukses dengan Program Google Adsense
Setelah menjadi anggota Adsense dan memasang iklan di halaman blog Anda, bukan berarti pekerjaan Anda sudah selesai dan hanya menunggu penghasilan dari Adsense, masih banyak yang harus Anda lakukan. Berikut ini ada sedikit tips sukses Adsense yang sebagian besar saya kutip dari Buku  Rahasia Adsense karangan Jubilee Enterprise (salah satu buku yang  HARUS anda miliki agar sukses membongkar rahasia Adsense dan mengoptimalkan penghasilan Anda).

1.Ikuti Perkembangan TOS (Term of Service)
TOS program Adsense biasanya sering berubah atau diupdate, hal-hal yang sebelumnya legal bisa saja berubah menjadi illegal atau tidak boleh dilakukan lagi.

2.Pilih Bentuk Iklan Yang Tepat
Pilihlah bentuk iklan yang sesuai dengan blog Anda.

3. Memilih Warna Tampilan Iklan
Gunakan warna latar belakang iklan sesuai dengan warna halaman
web atau blog Anda, begitu juga dengan ukuran dan jenis hurufnya.

4.Memilih Posisi Iklan di Halaman Blog
Letakkanlah iklan pada posisi yang memungkinkan diklik orang, menarik perhatian orang. Biasanya di bar kanan atau kiri, atau pada awal artikel jauh lebih baik.

5.Gunakan Adlinks Unit
Jangan remehkan adlink units ini. Kebanyakan orang berfikir iklan Ad
Unit jauh lebih penting sehingga mengabaikan Adlink unit. Letakkanlah Adlink unit ini pada posisi yang tepat misalnya pada deretan tab menu, sehingga member kesan seolah-olah menu halaman blog.

6.Periksa dan Analisas Statistik Adsense
Lakukan evaluasi terus menerus dengan memeriksa dan menganalisa statistic pengunjung yang meng-klik iklan. Jangan hanya menunggu.



7.Jangan Abaikan Channel Adsense
Buatlah channel setiap iklan yang anda pasang di blog Anda. Hal ini berguna untuk menganalisa statistic adsense anda.

8.Catat Perkembangan Adsense
Ikuti terus perkembangan maupun kemunduran Adsense Anda, catat dan evaluasi. Segera temukan dimana kekurangannya.

9.Jangan Mengundang Pengunjung Untuk Mengklik Iklan
Jangan pernah mengundang orang untuk melakukan klik iklan anda, apapun alasannya. Hal ini bisa menyebabkan account anda ditutup oleh Google. Jangan coba-coba hal ini karena pasti akan ketahuan.

10.Jangan Menciptakan blog Sekejap
Jangan beranggapan hanya dengan modal blog saja anda pasti akan berpenghasilan besar melalui Adsense. Masih banyak teknik dan usaha lain yang harus dilakukan. Blog perlu dipelihara agar dapat menghasilkan.

11.Jangan membuat situs penuh Iklan
Tidak baik membuat blog yang penuh dengan iklan. Jangan berganggapan blog yang penuh iklan ini akan lebih memungkinkan menghasilkan jumlah klik yang besar, justru sebaliknya akan membuat pengunjung jenuh dan segera pergi dari blog anda.

12.Jangan Menunggu Adsense
Kebanyakan pemilik blog menunggu hasil Adsense, mereka pikir buat blog terus pasang iklan Adsense selanjutnya tinggal tunggu hasil. Ibarat sebuah toko, blog Anda perlu dirawat, dipromosikan (seperti dengan teknik
SEO) dan lain-lain.

13.Jangan Hanya mengandalkan Adsense saja
Perlu difahami, penghasilan melalui internet bukan hanya melalui Adsense saja. Lakukan pengembangan misalnya dengan memanfatkan program affiliasi dan lain-lain.

14.Buat Artikel sesuai dengan kata kunci yang dibidik
Buatlah artikel blog sebaik mungkin dan disesuaikan dengan kata kunci yang dibidik. Lakukan riset untuk mengetahui kata kunci apa saja yang sesuai dengan blog Anda.

15.Optimalkan Kata Kunci
Usahakan setiap artikel mengandung kata kunci utama yang dibidik. Optimalkan kata kunci ini dengan teknik SEO agar blog Anda mendapat peringkat di mesin pencari.

16.Jangan Pernah Gembar-gemborkan Blog Anda yang berpenghasilan besar
Tindakan ini dianggap sombong dan akan mengundang orang untuk menjatuhkannya. Mereka bisa saja melakukan klik curang dengan harapan account pemilik blog akan ditutup oleh penyedia Adsense.


SEKIAN DAN TERIMAKASIH SEMOGA BERMANFAAT





Tidak ada komentar:

Posting Komentar